Fakta Mengenai Penyakit Herpes Pada Wanita

 




Gejala penyakit herpes pada wanita sangat mirip dengan gejala penyakit herpes pada pria. Perbedaan utama adalah adanya lepuhan yang muncul pada kulit.

Saat ini belum ada pengobatan untuk penyakit herpes, tetapi pengobatan dapat membantu mengurangi gejalanya.

Jenis Penyakit Herpes
Ada dua jenis infeksi penyakit herpes yaitu Herpes Simpleks Virus tipe 1 (HSV-1) dan Herpes Simpleks Virus tipe 2 (HSV-2).

Penyakit herpes mempengaruhi orang dengan usia di bawah usia 50 tahun. HSV-2 dapat mempengaruhi banyak orang diantara usia 15 tahun hingga 49 tahun. Infeksi penyakit herpes biasanya tanpa gejala, tetapi dapat menghasilkan gejala dalam beberapa kasus.

Inilah 2 (dua) jenis infeksinya, meliputi:

A. Herpes Simpleks Virus Tipe 1 (HSV-1)
Sangat menular dan sering muncul sebagai herpes oral serta mempengaruhi mulut dan area di sekitarnya. Seseorang dapat melakukan kontak dengan HSV-1 melalui kontak non seksual dengan air liur orang lain. Terkadang, infeksi HSV-1 dapat menyebabkan penyakit herpes genital yang mempengaruhi area genital atau area dubur.

B. Herpes Simpleks Virus Tipe 2 (HSV-2)
Beberapa orang menyebut HSV-2 sebagai penyakit herpes genital. HSV-2 biasanya menyebar selama seks anal, seks vaginal atau seks oral. HSV-2 dapat mempengaruhi lebih banyak wanita daripada pria. Alasan untuk ini adalah bahwa penularan dari pria ke wanita lebih efisien.

Gejala Penyakit Herpes Pada Wanita
Penyakit herpes akan berlangsung seumur hidup. Namun pada kebanyakan orang, penyakit ini hanya memiliki gejala yang ringan atau tanpa gejala sama sekali.

Jika penyakit herpes tidak menunjukkan gejala, beberapa orang kemungkinan tidak mengetahui saat mengidapnya. Pada beberapa kasus, virus masih dapat menyebar. Gejala awal akan tergantung pada jenis penyakit herpes yang dimiliki orang tersebut.

Ketika seorang wanita pertama kali tertular penyakit herpes, gejalanya cenderung terjadi dalam 2 hingga 12 hari. Biasanya muncul saat virus sudah masuk ke dalam tubuh. Gejala berikut biasanya berlangsung selama 2 hingga 4 minggu.

Gejala penyakit herpes pada wanita dapat meliputi sebagai berikut:

Tekanan di perut.
Gejala seperti flu terkadang termasuk demam.
Rasa sakit di kaki atau di area anal atau area genital.
Kelenjar bengkak.
Terasa gatal atau terasa terbakar di area genital atau area dubur.
Keputihan yang tidak biasa.
Layanan Konsultasi Online Gratis Lainnya di Klinik Sentosa Jakarta:

Penyakit Kulit dan Kelamin
Penyakit Menular Seksual
Penyakit Andrologi
Penyakit Ginekologi
Setelah gejala-gejala ini, setiap wanita dapat merasakan lepuhan, bisul atau luka di area virus masuk ke dalam tubuh. Lepuhan atau luka ini dapat menyerupai gigitan serangga atau jerawat yang kecil. Pada waktunya, lepuhan atau luka ini biasanya akan mengeras dan membentuk keropeng. Luka ini dapat muncul di area tubuh seperti mulut, leher rahim, anus, pantat, paha, di dalam atau di sekitar vagina dan di saluran kemih.

Lepuhan atau luka ini juga dapat mempengaruhi area lain di mana virus masuk ke dalam tubuh. Meskipun gejala awal sering berkembang dalam beberapa minggu, itu bisa memakan waktu beberapa bulan atau beberapa tahun sebelum seseorang mengalami kekambuhan berikutnya. Gejala awal herpes oral kemungkinan dapat termasuk:

Gejalanya mirip flu parah.
Sakit kepala.
Pembengkakkan kelenjar getah bening.
Luka di sekitar bibir dan di dalam mulut.
Gejala Awal Penyakit Herpes
Kemungkinan seseorang akan mengalami gejala untuk periode waktu yang lebih singkat. Meskipun gejalanya lebih ringan dan biasanya mirip dengan gejala awal. Seiring waktu, seseorang cenderung mengalami lebih sedikit gejala dan cenderung tidak terlalu parah.

Gejala awal seringkali merupakan yang terburuk. Selain itu, wanita juga kemungkinan akan mengalami:

Luka seperti lepuhan.
Sensasi terbakar saat kencing jika ada luka.
Kesulitan kencing jika luka menutupi uretra.
Terasa gatal dan nyeri di sekitar alat kelamin.
Gejala penyakit herpes oral berulang sering terjadi pada tahun pertama setelah infeksi. Gejalanya cenderung berkurang seiring berjalannya waktu karena tubuh menciptakan antibodi untuk melawan virus. Luka biasanya muncul di tepi bibir seseorang dan beberapa gejala umum meliputi:

Kulit memerah, bengkak, panas, gatal atau nyeri pada area yang terkena.
Lepuhan berisi cairan yang menyakitkan.
Lepuh bocor yang berubah menjadi luka.
Luka biasanya mengeras dan sembuh setelah sekitar 4 hingga 6 hari.
Kemungkinan pemicu gejala termasuk demam, haid, cedera, paparan sinar matahari dalam waktu lama, pembedahan dan tekanan.

Bagaimana Mendiagnosa Penyakit Herpes?
Proses mendiagnosis penyakit herpes serupa untuk kedua jenis. Dokter dapat membuat diagnosis awal dengan melakukan pemeriksaan fisik dan memeriksa setiap luka atau setiap borok di dekat alat kelamin, anus atau mulut. Dengan menggunakan kapas atau alat serupa lainnya untuk mengambil sampel cairan dari luka yang kemudian akan dianalisis dilaboratorium. Di laboratorium, dokter akan memeriksa sampel untuk penyakit herpes.

Sebelum gejala muncul, kemungkinan sulit bagi dokter untuk mendiagnosis penyakit herpes. Namun, jika seseorang mengetahui saat menderita penyakit herpes, dokter dapat melakukan tes darah untuk mencari antibodi terhadap virus penyakit herpes.

Untuk mendiagnosis penyakit herpes oral, dokter spesialis dapat memeriksa area munculnya lepuhan yang muncul. Selain itu juga dapat melakukan tes darah atau biopsi untuk memastikan diagnosis.

Cara Mengobati Penyakit Herpes Pada Wanita
Penyakit herpes dapat menyebar sebagai akibat dari kontak kulit ke kulit dengan orang yang memiliki virus. Hal ini dapat terjadi bahkan jika orang tersebut tidak mengetahui saat memilikinya. Penyakit herpes dapat menyebar melalui:

Melakukan hubungan seks vaginal, seks oral atau seks anal dengan seseorang yang terjankit virus herpes.
Menyentuh alat kelamin orang yang memiliki virus.
Menyusui jika bayi bersentuhan dengan luka.
Melahirkan dan menularkan pada bayinya.
Saat ini tidak ada pengobatan untuk penyakit herpes pada wanita. Namun, ada pilihan pengobatan yang tersedia yang dapat membantu mengurangi keparahan. Dokter biasanya akan meresepkan pengobatan antivirus untuk mengobati penyakit herpes genital. Dengan pengobatan antivirus dapat membantu mengurangi keparahan dan lamanya gejala atau untuk membantu mencegah di masa yang akan datang.

Ada beberapa langkah penting untuk membantu mengurangi risiko menyebarkan virus ke orang lain dan meminimalkan keparahan, di antaranya:

Menjaga setiap luka atau setiap bisul tetap bersih dan tetap kering.
Menghindari kontak seksual.
Tidak menyentuh luka.
Mencuci tangan atau mencuci benda lain yang bersentuhan dengan luka.
Saat menentukan pengobatan terbaik untuk penyakit herpes mulut, dokter akan mempertimbangkan usia orang tersebut, kesehatan secara keseluruhan, dan toleransi terhadap pengobatan. Beberapa pilihan pengobatan untuk penyakit herpes oral di antaranya:

Untuk menjaga area bersih dan tetap kering.
Pengobatan antivirus oral.
Pengobatan antiinflamasi.




Segera Konsultasikan Di Klinik Sentosa
Melakukan pemeriksaan di Klinik Sentosa akan ditangani secara langsung oleh dokter ahli kulit dan kelamin dan staff medis yang handal dibidangnya. Selain itu biaya pengobatan yang sangat terjangkau dan lokasi klinik yang sangat strategis yang berada di Jakarta, Indonesia.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Pencegahan Infeksi Saluran Kemih yang Perlu Diketahui

Penyakit Kencing Nanah Pria dan Wanita

Tanda Gonore Sudah Sembuh